Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Wednesday, 4 March 2020 / Seni & Budaya


KEBUMENKAB.GO.ID - Kebumen kaya tempat-tempat yang memiliki nilai budaya dan sejarah. Salah satunya berada di Kecamatan Prembun. Menggali sejarah, setidaknya ini yang dilakukan Komunitas Pusaka Prembun sebagai wujud kecintaannya pada Kabupaten Kebumen. Belum lama ini, tepatnya Sabtu (28/2) s/d Minggu (1/3), komunitas yang kerap menggelar kegiatan yang sarat dengan nilai budaya ini, mengadakan kegiatan yang bertajuk 'Merajut Cerita di Balik Potret Remboen Suikerfabriek Premboen', dengan mengambil lokasi di Gedung Serba Guna Bhakti Mulya, Prembun.

Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Y Rini Kristiani, mengapresiasi kegiatan yang datang dari kesadaran para anggota komunitas untuk mengangkat sejarah dari satu wilayah kecil di sudut Kebumen ini. Dalam sambutannya, Rini juga menyampaikan, pentingnya masyarakat memiliki pemahaman sejarah. " Pemahaman sejarah itu penting, tidak hanya bisa menjadi inspirasi, hal semacam ini juga bisa merupakan upaya melestarikan cagar budaya," jelasnya.  Resmikan Gedung Potret Remboen Suikerfabriek Premboen Bagian lain yang merupakan satu rangkaian dalam kegiatan membongkar sejarah dan budaya Prembun ini yakni, diresmikannya 'Gedung Potret Remboen Suikerfabriek Premboent' oleh Akhmad Ngaisom SSos selaku Camat. 

Di 'Gedung Potret Remboen Suikerfabriek Premboent', berbagai koleksi foto tentang prembun tempo dulu, ditampilkan. Selain pameran foto, dipamerkan pula artefak dan benda tempo dulu, seperti mesin ketik dan timbangan kuno. Pengunjung yang hadir juga bisa menyaksikan Bazar Produk, pameran Heritage Gowes, Flashmob, Pentas Seni Keroncong, Tari dan Gojek Lesung yang dibawakan oleh Karang Taruna Mandiri Prembun. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa ikut ambil bagian dalam Fotobooth Challenge.(dp/sari-bakohmsprembun)